"Pesta Karya dalam Ruang Tamu Yupa"



UKM Teater Yupa Universitas Mulawarman adalah salah satu teater kampus yang masih aktif sampai saat ini. Setiap tahunnya UKM Teater Yupa Universitas Mulawarman mengadakan kegiatan dengan tujuan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia UKM Teater Yupa Universitas Mulawarman yang ada, memperkenalkan UKM Teater Yupa  Universitas Mulawarman  secara luas, menarik simpati masyarakat awam di bidang teater.

Sebagai salah satu wadah organisasi yang bergerak dibidang teater, UKM  Teater Yupa Universitas Mulawarman  berusaha mulai bergerajk dengan melakukan hal-hal kecil untuk memajukan perkembangn seni teater di Kalimatnan Timur. Oleh karena itu, UKM  Teater Yupa Universitas Mulawarman  tiiap awal tahunnya mengadakan Pentas Tahunan (PT) yang berupa pementasan tunggal. Namun karena diawal tahun 2013 ini UKM  Teater Yupa Universitas Mulawarman mengikuti ajang Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) VI di Surabaya, Sehingga pelaksanaan XX harus diundur.

Mendekati usia ke-XXII, pada 21 Mei 2013 mendatang,  UKM  Teater Yupa Universitas Mulawarman  bermaksud mengadakan kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-XXII berupa Pentas Karya, Lomba Busana, Lomba Tahu Dower, dan Lomba Cerpen. Melihat kondisi kegiatan Pentas Tahunan XX yang harus diundur dan HUT XXII UKM Teater Yupa Universitas Mulawarman yang berdekatan, kami memutuskan untuk melaksanakan kedua kegiatan teresebut secara bersamaan.

Kini Pentas Tahunan XX dan HUT XXII UKM Teater Yupa Universitas Mulawarman akan diselenggarakan secara bersamaan selama lima hari. Adapun tema yang diangkat dalam Pentas Tahunan XX dan HUT XXII UKM Teater Yupa Universitas Mulawarman ini adalah Pesta Karya Dalam Ruang Tamu Yupa dan naskah yang akan di pentaskan berjudul “Pesta Para Pencuri”, karya Jean Annoulih Saduran Rachman Sabur  yang diadaptasi dan disutradarai oleh Cahyo Wicaksono Putro bertempat di Gedung Auditorium Universitas Mulawarman pada tanggal 01 Juni 2013 dengan HTM Rp. 10.000.






Di tanggal 2 Juni 2013 juga ada spesial Talk Show Anti Galau Ala Raditya Dika bertempat di Gedung Auditorium Universitas Mulawarman. Adapun rincian kegiatan waktu, dan tempat sebagai berikut :



1.      Pesta Karya
Selasa, 28 Mei 2013
Pukul : 20.00 Wita - Selesai
Gd. Auditorium Universitas Mulawarman

2.      Lomba Busana Daur Ulang dari Barang bekas dengan Nuansa Kaltim
Rabu, 29 Mei 2013
Pukul : 15.00 - selesai Wita
Lapangan Parkir Gd. Auditorium Universitas Mulawarman
3.      Lomba Tahu Dower
Rabu, 29 Mei 2013
Pukul : 10.00 - selesai Wita
Gd. Auditorium Universitas Mulawarman

4.      Lomba Penulisan Cerpen
Untuk usia 15-25 tahun, pendaftaran dibuka mulai tanggal 15 April s/d 15 Mei 2013
5.      Pentas Tahunan XX
Naskah : “Pesta Para Pencuri
Sabtu, 1 Juni 2013
Pukul 20.00 Wita – Selesai
Gd. Auditorium Universitas Mulawarman

Sinopsis Cerita
Drama ini bercerita tentang pesta yang dilakukan oleh para pencuri. Semua orang yang malam itu berada dalam panggung adalah pencuri. Mereka Pencuri, entah pencuri barang, hati, yang pasti mereka adalah PENCURI.
Kisah para Pencuri itu dimulai dari segerombol laki-laki yang suka menggoda orang kaya yang akan menjadi mangsanyan terkadang mereks berdandan sebagai seorang gadis, laki-laki, bahkan jutawan.
Semua orang adalah pencuri, pencuri yang jatuh cinta pada seorang wanita kaya, begitu juga sebaliknya. Ini adalah tema sentral dari pertunjukan drama Pesta Para Pencuri. Hal ini terkait ketika para pencuri sesuatu dirumah mangsanya. Selain  itu juga terlihat ketika mereka semua sedang berkumpul, ada yang mencuri pandang, hati, juga harta.
6.      Show Anti Galau Ala Raditya Dika
Minggu, 02 Juni 2013
Pukul : 15.00 - selesai Wita
Gd. Auditorium Universitas Mulawarman